Desain Interior Ruang Tamu Menurut Ilmu Desain Interior

admin
6

Ruang tamu merupakan area penerima sebuah rumah. Ruang ini seharusnya bersifat welcome untuk para tamu yang berkunjung. Desain Interior ruang tamu ini dapat memberikan penilaian tersendiri terhadap penghuni rumah walau tamu tersebut hanya berkunjung sesaat. Jadi ruang tamu bisa mencerminkan kepribadian penghuninya.
Ruang tamu merupakan kesimpulan secara keseluruhan dari semua ruang yang ada dalam suatu rumah. Jadi penataan ruang tamu juga perlu diperhatikan dengan seksama karena umumnya opini seseorang saat berkunjung dimulai dari ruangan ini. 
Foyer menarik untuk interior ruang tamu

Di era modern ini ruang tamu mengalami banyak perkembangan. Jika kapasitas area ruang yang tamunya cukup besar, setelah pintu masuk utama sebuah rumah sering ditempatkan ruang peralihan/perantara/transisi yang disebut Foyer.
Foyer adalah ruangan khusus tersendiri yang tidak mutlak ada di dalam rumah. Besaran ruangannya menyesuaikan bentuk ruangan yang ada. Jika kapasitas ruangan kecil, Foyer bisa dikatakan sebagai pengganti fungsi ruang tamu dan biasanya lebih minim perabot. Kondisi ini mencerminkan bahwa penghuni rumah jarang menerima tamu. Karena sifatnya ruangan khusus, pada umumnya Foyer memiliki kebutuhan penghuni saat hendak masuk atau ke luar rumah, misalkan dengan menempatkan konsol cabinet yang memiliki fungsi kompleks seperti untuk tempat kunci, tempat paying, tempat sandal rumah (sandal hotel), tempat menunggu, dan tempat menaruh surat dan koran datang. Foyer kadang juga dilengkapi berbagai dekorasi interior, seperti lukisan, fram-frame foto anggota keluarga dan lain sebagainya.
Jika ruangannya memiliki kapasitas yang besar, kebaradaan Foyer bisa dikatakan sebagai pendukung ruang tamu. Meski kadang identik dengan penataannya, yang simple dan minim perabot, foyer harus disesuakan dengan konsep dan gaya penataan arsitek maupun desainer interiornya. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan di ruang tamu. 
desain interior ruang tamu dengan warna yang simple

Perabot Ruang Tamu

Pada  umumnya di ruang tamu terdapat sofa 1-2 seaters, coffee table, side table, console cabinet, dan berbagai elemen dekoratif yang mendukung seperti lukisan, vas, karpet, table lamp dan sebagainya.

Sistem Tata Cahaya dan Tata Udara di Ruang Tamu

Pada umumnya ukuran ruang tamu tidak terlalu besar. Oleh sebab itu, pencahayaan dan sirkulasi udara di ruang tamu baik secara alami (matahari, angin) dan pencahayaan buatan (lampu, kipas angin/AC) perlu diperhatikan. Pencahayaan dan sirkulasi udara secara alami dapat masuk melalui pentangan jendela atau pintu utama  saat terbuka.  Keadaan ini akan mempengaruhi perspektif kita saat menerima tamu. Ruang tamu yang berdekatan dengan taman dan pepohonan menjadikan suasana mengobrol dan berdiskusi lebih tenang , santai dan fokus.

Warna Material di Ruang Tamu

Warna di ruang tamu sebaiknya bersifat welcome, memberikan sentuhan hangat dan ramah untuk untuk tamu yang datang. Warna yang mendukung misalkan pastel, putih dan warna-warna terang di plafon, dinding dan furniture. Dengan warna-warna tersebut, ruang tamu yang sebenarnya tidak besar menjadi terkesan luas dan lega. 
Desain interior ruang tamu dengan warna yang welcome
Demikian sekilas pembahasan Desain Interior Ruang Tamu Menurut Ilmu Desain Interior, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mempelajari ilmu arsitektur dan desain interior.

Post a Comment

6Comments

  1. aduhhh.. nyaman nyaman sekali ruang tamu gan..
    jadi pengen cepat-cepat mendekor ruang tamu ini, tapi duit belum ada, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya kita harus rajin ngeblog biar bisa bikin ruang tamu kaya gitu..hehehe

      Delete
Post a Comment