Sejukkan dan Percantik Fasade Rumah dengan Secondary Skin

admin
2

Secondary skin memiliki dua fungsi ganda yaitu dapat memiliki iklim mikro yang menyejukan dan yang kedua mempercantik wajah rumah.
Memiliki rumah yang berhadapan langsung dengan arah terbit atau terbenam matahari dapat menjadi kelebihan atau kekurangan. Di satu sisi, penghuni rumah bisa mendapatkan paparan cahaya alami yang cukup sehingga kondisi rumah tidaklah lembab. Namin disisi lain, panas dapat begitu menyengat hingga suhu di dalam rumah menjadi tinggi.


Inilah yang terjadi dengan rumah yang disebut Next House, ini lah sebutan oleh arsitek, Kusuma Agustianto. Rumah ini merupakan karya kedua sang Arsitek yang menghadap ke sisi barat yang notabene sejajar dengan arah terbenamnya matahari.  Karena terkena sinar matahari langsung, rumah inipun membutuhkan pelindung yang berfungsi menahan panas. Jenis pelindung yang dipilih sang arsitek dan pemilik rumah adalah secondary skin.
Area yang dilapisi secondary skin difokuskan pada lantai 2, yakni area yang kamar tidur anak sebagai area yang berhadapan langsung dengan sinar matahari. Seondary skin tidak menyatu dengan dinding utama, namun terpasang berjarak. Materal yang digunakan sebagai dinding pelapis adalah beton GRC yang dicetak berlubang-lubang. 

Secondary Skin Menciptakan Iklim Mikro

Beton GRC yang dicetak berlubang-lubang tidak hanya menutup bagian depan. Beton disusun melingkupi kamar tidur anak sehingga tampak seperti kotak padat.  Penempatan seperti ini membuat fungsi secondary skin tidak hanya dinikmati oleh penghuni kamar, tetapi juga seluruh penghuni ruangan.  Meskipun menutup seluruh bidang bagian depan rumah, desain yang berlubang membuat rumah dapat “bernafas”. Jadi meski sinar matahari tertahan, ada sabagian cahaya dan udara yang dapat masuk. Tidak hanya itu, secondary skin ini juda dapat memasukan serta menyimpan udara dingin dari luar.
Radiasi sinar matahari dihambat oleh secondary skin, sehingga menciptakan iklim mikro yang nyaman dalam rumah. Tidak berhenti sampai di situ, secondary skin yang dipasang berjarak dengan dinding utama juga menciptakan overhanging area rumah bagian depan. Karena kelebihan itu, teras depanpun jadi terlindungi dari tetesan hujan.  Ini membuat bayangan yang terbentuk dari overhanging membuat area teras terasa lebih sejuk. 

Secondary Skin Mempercantik Ruang Dalam

Selain menciptakan suhu rumah yang lebih sejuk daripada seharusnya, secondary skin juga dapat menjadi elemen decorative. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya beton GRC bahan secondary skin dicetak berlubang lubang. Ternyata ini memiliki efek tersendiri untuk bagian dalam rumah. Pada area kamar ditidur anak yang langsung menghadap secondary skin, tercipta bayangan berupa guratan-guratan diatas tempat tidur. Bayangan ini adalah hasil dari sinar matahari yang berhasil menerobos ke dalam lubang.
Bila pada siang hari secondary skin menciptakan “lukisan” dari bayang-bayang, pada malam hari secondary skin menjelma menjadi kotak lampu. Selain berfungsi sebagai penerangan pada area outdoor, secondary skin yang diberi lampu ini juga menjadi pusat atensi orang yang berlalu lalang.

Post a Comment

2Comments

  1. kamarnya jadi indah, berasa ada lampu diskonya ya mas...
    hehehehe... ide yang menarik..

    ReplyDelete
  2. Iya kaya lampu disko..hehehe...disko siang2 wkwkwk

    ReplyDelete
Post a Comment