Tata Letak Perabot dalam Intrior Ruang Tamu Menurut Ilmu Fengshui

admin
0

Menurut pandangan umum, menempatan perabot seperti meja, kursi, lemari, ranjang dan lain sebagainya boleh diatur sesuai selera pribadu atau aturan umum yang bisa memberi rasa nyaman dan memberikan nilai artistik pada ruangan tersebut, namun tidak demikian dalam ilmu fengshui. Ada peraturan-peraturan dalam ilmu fengshui mengenai baik buruknya bentuknya dan penataan perabot terhadap pelaku aktivitas yang ada di dalamnya, khususnya untuk penataan perabot terhadap penggunanya, khususnya untuk perabot yang digunakan secara berkesinambungan dalam waktu yang lama, misalkan meja kerja dan ranjang tidur. Melalui aturan dan perhitungan tersebut pelaku aktivitas diharapkan bisa merasakan suplay atmosfer yang lebih baik dan menghindari energy yang merugikan. 

Desain Interior Ruang Tamu Menurut Fengshui

Untuk perabot seperti sofa, meja makan, cermin dan sebagainya, penempatannya juga menggunakan aturan-aturan tertentu dan konsep dasar yang berhubungan dengan budaya dan etika tapi bisa diterima dengan logika umum. Misalkan, posisi ruang tamu atau meja kerja paling pantang membelakangi pintu masuk karena akan menimbulan rasa tidak nyaman  bagi para penggunanya. Logis bukan? Pada dasarnya aturan fengshui memang dibuat untuk menciptakan nilai-nlai yang menguntungkan perasaan dan pikiran serta menghindarkan diri dari berbagai dampak yang kurang baik. 

Ruang tamu adalah tempat pertama yang disinggai oleh para tamu. Di tempat inilah karakter dan kebisaan penghuni bisa ditebak. Desain Interior ruang tamu yang baik menurut fengshui adalah yang memerikan kesan ramah, bersih dan rapi. Selain itu, ruangan tersebut memiliki jendela sebagai ventilasi agar angin dan cahaya bisa masuk dengan baik (tapi jangan terlalu terang) dan tidak perlu menampilkan sesuatu yang bersifat atraktif karena bisa menciptakan jurang pembatas. 
Desain Interior Ruang Tamu Menurut Fengshui

Untuk rumah tipe kecil, fungsi ruang tamu biasanya satu kesatuan. Untuk rumah berukuran sedang dan besar, ruang tamu dan ruang keluarga sebaiknya dipisahkan karena fungsinya memang berbeda. Ruang tamu hanya digunakan untuk menerima tamu atau kenalan jauh, sedangkan ruang keluarga lebih bersifat privat atau untuk menerima kerabat dan family dekat. 

Susunan sofa untuk kursi tamu sebaiknya tidak membelakangi pintu karena dapat menghalangi atau merusak kualitas hawa rejeki yang masuk ke dalam rumah. Jangan meletakkan cermin di belakang sofa karena akan memantulkan bagian belakang orang yang duduk di sana dan memberikan dampak yang kurang baik. 
Desain Interior Ruang Tamu Menurut Fengshui
Hindari juga menempatkan cermin setelah pintu masuk dengan posisi menatap langsung pintu masuk. Posisi ini akan mengagetkan tamu yang dating. Selain itu, energy cermin yang menghadang pintu dapat mengusir hawa rejeki yang akan masuk singgah ke dalam rumah. Cermin yang bertujuan untuk dekorasi ruang tamu sebaiknya dipasang di dinding kanan dan kiri pintu.
Demikian sekilas tentang Tata Letak Perabot dalam Intrior Ruang Tamu Menurut Ilmu Fengshui. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk anda yang sedang belajar ilmu arsitektur dan desain interior.

Catatan admin : admin menulis ilmu fengshui di sini bukan ingin merusak keyakinan seseorang. Namun pandanglah dari segi logisnya bukan dari segi takhayulnya.







Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)