Studi Analisis Jin Mao Tower (Grand Hyatt Shanghai) Berdasarkan Ilmu Arsitektur

admin
3

Studi Analisa Arsitektur Jin Mao TowerJin Mao Tower Merupakan bangunan pencakar langit multifungsi yang terdiri dari perkantoran, hotel, pertokoan, parkir, auditorium dengan luas 280.000 M2 yang terletak di distrik Pudong di dalam zona perdagangan, dan financial Lujiazui di kota metropolis Shanghai China. Bangunan ini terdiri dari 88 lantai dengan ketinggian 421  M.Penggunaan bangunan ini adalah 50 lantai untuk perkantoran, 38 lantai untuk hotel dengan 555 kamar (Grand Hyatt Shanghai), parkir 900 mobil-1000 motor pada basement 3 lantai (57.000 M2) , 20.500 M2 untuk pertokoan, pusat perjajanan, pusat konveksi dan eksibisi serta auditorium.

Rencana Denah

Denah gedung ini merupakan bentuk octagonal yang diilhami dari bentuk pagoda dengan service core octagonal pula yang melayani lift expres ke sky lobby perkantoran dan hotel. Sumbu silang/salib merupakan area entrans dan sirkulasi utama yang konsisten dengan pengeturan zona-zona elevator ke lobby-lobby atas. Pengaturan denah perkantoran dan hotel sangat dibatasi oleh bentuk segi delapan  dan system struktur yang menunjang konsep pagoda, namun demikian masih memberikan peluang kreativitas pada tatanan ruang hotel dengan adanya atrium pada 38 lantai atas dan berakhir pada atap skylight yang merupakan mahkota bangunan ini.
Denah dan Potongan Jin Mao Tower

Penampilan Exterior

Inspirasi penampilan exterior bersumber dari bentuk pola pagoda China yang historis. Konsisten dengan bantuk silang pada keempat sisi, namun mengecil secara gradual pada keempat sudutnya yang menciptakan suatu pola yang ritmis. Façade stainless steel metalik mengekspresikan pergantian cahaya matahari dengan perubahan warna di siang hari, sedangkan pada malamnya bagian momentum dan puncak menampilkan iluminasi seperti mercusuar yang mendominasi skyline Shanghai.

Tampak Bangunan

Inspirasi tampak bangunan bersumber dari fengshui yang membuat beberapa referensi terhadap angka mujur 8. Denah segi delapan, ketinggian gedung 88 lantai. Bagian dasar (tower base ) berlantai 16 (2x8). Lantai berikutnya secara gradual dan ritmik akan mengecil menjadi 14 (16-1/8x`16), 12, 10, 8, 7, 6, 3, 2,1 dengan total 88 lantai.

Skala dan Proporsi

Gedung pencakar langit ini termasuk salah satu gedung yang terramping di dunia dengan aspek rasio 8:1 (rasio tinggi dengan lebar dasar banguanan). Dengan tinggi 421 m, gedung  ini menonjol dengan skala urban sesuai dengan tujuan awal pengambangunan pencakar langit.

Organisasi Ruang

Susunan dan hirarki pengelompokan ruang diatur menurut tingat intensitas aktifitas manusia yang terlibat di dalamnya. Pusat eksibisi, konveksi dan pertokoan yang melahirkan banyak orang terletak di bagian dasar gedung, diikuti perkantoran yang terdiri dari high zone, medium zone maupun low zone pada bagian monument. Hotel dengan kebutuhan ketenangan dan privasi disusun pada bagian teratas (38 lantai) berakhir dengan observasi atas.

Dampak Visual

Gedung ini merupakan suatu landmark pada skyline kota Shanghai dan ikon simbolik yang menyatakan suatu progress dan perkembangan ekonomi financial yang signifikan kota shanghai khususnya dan china pada umumnya. Dampak visual yang timbul semakin menegaskan gedung ini sebagai Chatedral of Commerce dan mengumandangkan munculnya China sebagai superpower ekonomi baru.

Langgam Arsitektur

Bangunan ini termasuk tipologi pencakar langit monolitik dengan langgam global / lokal  (kategori postmodern skyscraper) yang menggabungkan tradisi desain local (pagoda) dengan tipologi bangunan global (pencakar langit)

Ornamentasi dan Dekor

Ornamentasi fasade (dinding dan atap) merupakan bentuk yang unik dan historis menghasilkan cultural yang belum pernah terjadi sebelumnya yang secara simultan menyajikan nostalgia futuristic.

Post a Comment

3Comments

  1. baru tau kalo ada bangunan kaya gitu, keren mas postingannya, berani beda itu keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...iya blogger harus punya inovasi biar pembacanya selalu datang ... :D

      Delete
  2. di china juga ada yah bangunan setinggi itu...

    ReplyDelete
Post a Comment