Desain Interior Dapur Menurut Ilmu Feng Shui

admin
2
By Mas Dian
Dapur merupakan tiga objek terpenting dalam perhitungan fengshui setelah pintu utama dan kamar tidur. Ruang dapur menghasilkan makanan dan minuman untuk kehidupan keluarga. Karenanya, wajib menatanya dengan bersih dan rapi agar bakteri dan kotoran hasil pembusukan sampah tidak menyebar dan mencemari makanan. Sampah dan kotoran yang berasal dari dapur harus segera dibuang, jangan menundanya sampai besok.

Desain Interior Dapur dalam Ilmu Fengshui
Desain Interior Dapur dalam Ilmu Fengshui

Dapur dalam Budaya Cina

Dalam budaya cina lama, ruang dapur disakralkan dengan hadirnya dewa dapur / Zao Jun Ye sebagai malaikat pengawas. Kehadiran dewa ini menggugah rasa takut dan hormat penghuni terhadap ruang dapur. Agar sang dewa tidak murka dan mau menurunkan rezeki berkahnya, penghuni harus rajin menjaga kebershan ruang tersebut. Benar atau tidaknya mitos tersebut, ini hanyalah keyakinan dari hasil perjalanan budaya. Positifnya adalah membimbing masyarakat agar rajin membersihkan dapur sehingga dapat menghindarkan makanan dari tertularnya virus penyakit.
Dapur sebagai tempat untuk mengolah makanan juga menjadi tempat berkumpulnya sampah cair dan padat sehingga menjadi sumber polusi dan udara tidak menyehatkan. Oleh sebab itu, dapur wajib memiliki akses terbuka ke taman dan koridor ; dianggap sebagai ventilasinya.  Menurut Ilmu Feng shui dapur yang baik akan mendatangkan keberuntungan dan dalam komposisi yang salah akan mendatangkan musibah. Faktor keberuntungan dan musibah memang berhubungan dengan baik dengan kualitas kesehatan keluarga.

Ventilasi Di Dapur

Jika ventilasi yang ada didapur kurang maksimal, sebaiknya dianjurkan menggunakan penyedot asap / cooker hood untuk meminimalisir dari polusi udara atau anda bisa memasang exhouse fan untuk membuang udara hasil memasak.

Rumusan Kompor dan Kitchen Sink dalam Feng Shui

Rumusan feng shui menyebutkan kalau elemen kompor adalah api sementara kitchen sink adalah berelemen air. Sifat kedua elemen ini adalah kontradiktif sehingga penempatannya sebaiknya tidak berdekatan karena katanya akan merusak atmosfer keberuntungan. Perletakan antara kompor dan kitchen sink yang paling aman adalah dengan meja “L”.
Selain itu arah mata angin juga berpengaruh dalam perletakan dalam perabotan dalam ilmu feng shui. Contohnya adalah perletakan kompor. Kompor sebaiknya diletakan di sudut tenggara, timur dan selatan. Hal ini disebabkan karena arah timur dan tenggara mengandung medan magnet unsure kayu dan sudut selatan berunsur api. Sudut barat dan timur kurang baik, namun masih dapat digunakan. Namun pantangan meletakan kompor adalah di utara karena sudut utara berunsur air sehingga dapat merusak semangat hidup, keberuntungan dan kesehatan. 
Desain dapur dengan kompor berdampingan dengan sink kurang tepat dalam Fengshui
Desain dapur dengan kompor berdampingan dengan sink kurang tepat dalam Fengshui
Sebaliknya tempat terbaik untuk kitchen sink adalah di sisi utara karena sisi utara mengandung medan magnet air, namun pantang meletakan kitchen sink di bagian selatan karena sisi selatan berelemen api.
Bila ruangan anda sempit dan terpaksa kalau kompor dan kitchen sink/kulkas harus bersandingan, maka anda sebaiknya memberi penyekat bisa terbuat dari dinding bata dan triplek dan sejenisnya. Namun jika posisinya juga harus berhadapan, cobalah geser salah satu objek tersebut agar letaknya saling berjauhan. Kitchen sink dan kompor diperbolehkan untuk berhadapan namun letaknya tidak boleh langsung bertatapan. 
Desain dapur L yang sangat dianjurkan dalam ilmu Feng shui
Desain dapur L yang sangat dianjurkan dalam ilmu Feng shui

Pantangan Untuk Dekorasi Dapur Dari Perspektif Ilmu Fengshui

Kemudian adalah pantangan untuk memasang cermin di dapur di dekat kompor. Ini sangat tidak baik karena akan menggandakan energy api. Selain itu energy ini sangat tidak baik dan akan mempengaruhi pola pikir suami istri menuju ke arah yang kurang baik seperti tidak setia dan lain-lain. Namun jika dilogika saja, perletakan cermin di dapur tidaklah tepat karena akan memanipulasi padangan orang yang sedang beraktivitas memasak.
Dekorasi dapur yang dilarang yaitu meletakan cermin di dapur
Dekorasi dapur yang dilarang yaitu meletakan cermin di dapur
Sumber:
Fengshui dan Interior Rumah Tinggal, Mas Dian MRe dan Ivon Xue S.Sn

Post a Comment

2Comments

  1. Kalo dapurnya luas sih enak di atur sedemikian indah,,, lah kalo dapunnya sempit hadehhhhhhh #curhat

    ReplyDelete
  2. kalo dapur sempit sebagiknya tidak ada pemisah seperti dinding dengan ruang keluarga. Biarkan menyatu dalam satu ruangan.. :D jari ruangan terkesan lebih luas :D

    ReplyDelete
Post a Comment