Strategy Desain Rumah Modern Dilahan Sempit dan Orientasi Tak yang Menguntungkan

admin
0

Study Arsitektur pada property milik Casey Lumy dan Merlin Sudjana

Unsur vertical pada rumah ini cukup mendominasi. Rumah ini cukup simple namun yang membuatnya tidak monoton adalah perpaduan material yang digunakan. 
Rumah tinggi di sudut jalan ini memiliki tampilan yang unik. Dindingnya memiliki secondary skin yang terlihat seperti sebuah anyaman bamboo. Bilah-bilah kayupun berbaris menutupi dinding bawahnya.  Sementara, tanaman hijau tumbuh di sekeliling rumah. Semuanya berpadu dalam bentuk-bentuk yang modern yang tidak meninggalkan sentuhan tropis. 

Strategy Desain Rumah Modern Dilahan Sempit dan Orientasi Tak yang Menguntungkan
Desain arsitektur hunian dikembangkan ke arah vertical untuk memaksimalkan kebutuhan ruang. Ruang ini berdiri di atas kaveling yang berjajar di rumah-rumah lainnya. Letak rumah ini pun berada di pojok kompleks, sehingga ada kemungkinan cahaya dan udara tidak dapat leluasa masuk ke dalam rumah ini.
Posisi lahan ini tentu mendari tantangan tersendiri bari arsitek Kusuma Agustianto. Saat mendesain, untuk dan nyaman menjadi kata kunci mengembangkan karakteristik rumah. Di samping itu, kebutuhan akan privasi pemiliki rumah juga menjadi pertimbangan. Lantas bentuk bangunan yang dikembangkan secara vertical pun menjadi solusinya. 
Strategy Desain Rumah Modern Dilahan Sempit dan Orientasi Tak yang Menguntungkan

Desain Rumah Dengan Konsep Tropis

Sesuai dengan konsep rumah tropis yang ingin diusung, desain rumah ini pun harus peka terhadap kondisi alam sekitarnya. Kebetulan, rumah ini memiliki orientasi hadap ke arah barat. Memang di suatu rumah akan mendapat banyak cahaya. Namun paparan matahari sore akan terasa panas. Jika rumah dibuat tertutup, tentu udara tidak dapat masuk dan ruang terasa pengap.
Untuk mengatasi kondisi tersebut, secondary skin ditambahkan pada bangunan ini. Sifat secondary skin yang transparan ini menciptakan kualitas ruang yang terang pada siang hari namun tetap nyaman. 
Strategy Desain Rumah Modern Dilahan Sempit dan Orientasi Tak yang Menguntungkan

Prinsip Kerja Secondary Skin Pada Konsep Desain Rumah Tropis

Prinsip kerjanya, secondary skin ini akan mereduksi panas matahari yang masuk ke dalam ruang. Namun celah-celah pada secondary skin tetap memasukan cahaya dalam jumlah yang tepat, sekaligus membuat udara mengalir. Dengan begitu selain menghemat energy lampu pada siang hari, secondary skin ini juga mampu menekan penggunaan AC
Secondary skin pada rumah ini terbagi atas dua segmen yang disesuaikan dengan kebutuhan dan privasi pemilik rumah. Pada level bawah, bagian pelapis kedua ini berfungsi untuk pelindung balkin pada kamar anak. Anak dapat bermain dengan aman di sini tanpa menutup pandangan sekitar. Sementara secondary skin di level atas berfungsi sebagai pelindung kamar tidur utama.
Pembagian segmen ini juga memberi kesan dinamis pada bangunan. Ini karena elemen pembentukannya dibedakan yakni kayu pada bagian bawah dan GRC pada bagian atas. Kombinasi kayu dan beton terangkum warna natural masing-masing material: cokelat pada kayu dan abu-abu pada GRC.

Pada siang hari susunan bilh kayu menciptakan bayangan indah garis-garis pada ruang. Begitupun dengan celah-celah pada GRC. Sementara, pada malam hari saat lampu rumah dinyalakan, secondary skin ini bagaikan kap lampu yang meneruskan cahaya indah.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)