Desain Rumah Modern Tropis Untuk Lahan Berkontur

admin
0

Rumah Tropis Menyatu Dengan Alam

Rumah tropis pada umumnya terkesan menyatu dengan alam karena biasanya ada tanaman di sekeliling rumah. Rumah berikut ini adalah rumah yang didesain oleh arsitek Titi Kumala. Ia merancang rumah dari Erwin Siregar di Billymoon, Jakarta Timur yang memiliki seorang istri dengan dua orang anak yang beranjak remaja. Lahan yang bekontur (lahan yang tidak rata) bukannya menjadi kesulitan dalam perancangannya, justru menjadi dasar perancangan yang unik pada rumah tersebut.

desain taman dengan kolam renang indah
desain taman dengan kolam renang indah
Dapur dengan desain bergaya modern
Dapur dengan desain bergaya modern

Kontur Menciptakan Ruang Dinamis

Perbedaan tinggi rendah lahan justru menjadi potensi terciptanya desain rumah dan interiornya yang dinamis dan tidak membosankan. Pemanfaatan lahan dilakukan sangat optimal sehingga tidak banyak ruang yang terbuang sia-sia. Lahan seluas 1.040 m2 yang dimanfaatkan sangat cukup menampung kebutuhan ruang sehingga sang arsitek tidak perlu membuat rumah ini bertingkat. Hal ini pun sesuai dengan permintaan pemilik rumah. Untuk itu dibuat lantai mezanin yang sekaligus menjadi perwujudan pemanfaatan lahan yang berkontur.

Desain taman dengan gazebo
Desain taman dengan gazebo
Desain taman tropis modern dengan kolam renang
Desain taman tropis modern dengan kolam renang

Kebutuhan Ruang

Kebutuhan pemiliki rumah akan tersedianya kamar disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga baik banyaknya maupun ukuran ruangnya. Adapun tempat-tempat yang memfasilitasi kesukaan berkumpul keluarga besar, diakomidasi dengan membangun teras dan balkon yang besar menghadap taman, kolam renang, dan tempat fitness, serta gazebo di taman belakang.
Pengaturan layout ruang dilakukan dengan efektif sehingga tidak ada ruang tanpa fungsi. Beberapa ruang yang menampung aktivitas yang saling berhubungan seperti garasii, dapur, kamar asisten rumah tangga dan sopir, tempat jemur dan cuci, diletakan di area yang sama yaitu lantai dasar, sehingga memudahkan komunikasi dan koordinasi antara pemilik rumah dan asisten rumah tangga.

Partisi tangga dengan desain modern dan unik
Partisi tangga dengan desain modern dan unik

Keunikan Rumah

Dapur bersih menyatu dengan ruang makan ada di lantai  mezanin. Demikianpun kamar utama dan kamar anak, dibuat dalam satu zona ruang. Pembuatan zoning seperti ini membuat tiap ruanganter integrasi  dan menciptakan komunikasi yang lebih mudah. 

Layout rumah modern tropis
Layout rumah modern tropis
Jalur sirkulasi penghubung satu ruang dan ruang lain diwujudkan dalam bentuk lorong dan beberapa kehadiaran anak tangga. Ini yang membuat kesan dinamis dan tidak monoton. Penggunaan material kayu dan batu alam terlihat cukup dominan di rumah ini, baik digunakan sebagai elemen bangunan maupun interior rumah. Material-material ini selain memberikan sentuhan unik juga memperkuat konsep tropis yang diusung. Dilengkapi dengan taman yang diisi pepohonan rindang dan kolam renang, rumah megah berkonsep tropis modern ini pun hadir layaknya villa di tengah kota. 

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)