4 Tips Penting Desain Rumah Hemat Energi

admin
0
Desain Rumah Hemat Energi saat ini lagi trend. Desain ini merupakan impian dan keinginan setiap orang yang memiliki kesadaran pentingnya hemat energi dan selaras dengan alam untuk kelangsungan kehidupan dunia di masa yang akan datang. Saat in lagi di slogankan “go green”, sampai-sampai ada peraturan undang-undang yang mengharuskan masyarakan membeli sebuah “kantong keresek”  seharga Rp.200.

Penghematan energi adalah salah satu jalan untuk menerapkan slogan “go green” tersebut. Hemat energi bisa diterapkan ke dalam sebuah desain rumah yang unik dan nyaman serta tidak banyak mengkonsumsi energi. Hemat energi ini sangat penting selain untuk kelangsungan masa depan anak cucu di masa yang akan datang juga membuat kita menghemat pengeluaran terutama untuk listrik.
Rumah hemat energi
rumah hemat energi

Tau nggak apa itu Desain Rumah Hemat Energi?

Desain rumah hemat energi adalah sebuah desain rumah yang dimaksudkan agar penggunaan sumber daya energi (terutama listrik) di dalam rumah tersebut dapat dilakukan seminimal mungkin namun tetap nyaman bagi penghuni di dalamnya. Contohnya, pada saat siang hari penggunaan listrik tidak diperlukan karena sudah memanfaatkan sinar matahari atau rumah tetap sejuk walaupun tanpa menggunakan AC.

Tips Merancang Rumah Hemat Energi yang Murah dan Mudah

Membuat rancangan rumah hemat energi yang nyaman tetap memerlukan biaya yang tidak sedikit. Berikut adalah tipsnya.
.

==> Hindari merancang rumah yang menhadap ke barat

Apakah anda tahu dengan posisi Indonesia yang searah dengan jalur katulistiwa, membuat matahari sore itu sangat panas, karena akumulasi dari panas matahari siang. Anda bisa membuat rumah anda menghadap utara, selatan atau timur. Anda juga bisa menggunakan teori fengsui yang bisa diterapkan ke dalam rumah anda (bukan diyakini namun di terapkan saja teorinya).

Lalu jika anda sudah memiliki rumah yang menghadap ke barat, ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan. Cara pertama yang mudah dan murah adalah menanam pohon di depan rumah anda. Ini akan membuat rumah anda lebih sejuk, namun sayangnya ini akan membuat fasad tampilan rumah depan anda menjadi tidak tampak karna tertutup pohon.

Alternatif lain adalah menggunakan Secondary Skin. Secondary skin merupakan pilihan bijak, karena fungsinya adalah memfilter panas matahari. Selain itu dengan menggunakan sendondary skin maka tampilan rumah anda akan lebih unik dilihat dan kenyamanan penghuni rumah pun terpenuhi.

Alternatif selain secondary skin untuk hemat energi adalah vertical gargen yang dipasang di fasade rumah. Bisa dikatakan bahwa ini adalah secondary skin alami. Tampilannya bisa sangat menarik menyegarkan. Selain itu sangat efektif menyaring panas dan menciptakan kesejukan di sekitar rumah anda.

==> Memperbanyak Jendela dan Ventilasi

Jendela dan ventilasi merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam pembuatan rumah.  Ventilasi memiliki fungsi untuk pertukaran udara panas sehingga udara segar dari luar rumah bisa masuk ke dalam rumah. Begitupun jendela juga memiliki fungsi yang sama dengan ventilasi yaitu sebagai media sirkulasi udara, dan selain itu adalah media masuknya sinar matahari ke dalam rumah anda.

Dengan banyakanya jendela dan ventilasi akan membuat rumah anda akan terasa terang dan sejuk. Ini salah satu jalan untuk menghemat pencahayaan buatan (listrik) pada siang hari serta AC ataupun kipas angin.
.

==> Membuat Bak Penampungan

Fungsi bak penampungan ini adalah untuk menampung air hujan. Air hujan kadang tidak terserap dengan baik di tanah. Agar tidak terbuang percuma, manfaatkan saja air hujan tersebut untuk menyiram kebun dan tanaman di rumah anda. Ini sangat bermanfaat untuk menghemat air sehingga biaya bulanan air PDAM bisa dihemat.
.

==> Menanam Banyak Tanaman di Halaman Rumah

Tanaman bisa dimanfaatkan sebagai salah satu elemen desain untuk rumah hemat energi. Banyak sekali fungsi tanaman jika anda mau memanfaatkannya seperti untuk keindahan, sumber makanan, secondary skin, serta memproduksi banyak oksigen sehingga rumah anda akan terasa lebih segar. Apapun fungsinya, tanaman memiliki banyak fungsi yang hasil akhirnya bisa membuat anda menghemat pengeluaran anda baik  untuk listrik (pendingin ruangan) ataupun bahan makanan.
Berikut adalah inspirasi untuk rumah hemat energi.

Okey, demikian artikel singkat ini semmoga bermanfaat. Jika anda rasa artikel ini sangat bermafaat maka anda boleh SHARE untuk teman-teman anda yang membutuhkan informasi ini. 

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)