Menciptakan Interior Desain Seperti Gallery Seni

admin
0

Apakah anda ingin mengetahui bagaimana cara untuk menjadikan interior rumah anda senyaman gallery seni? Ada banyak cara yang dilakukan untuk menerapkan hal tersebut. Untuk itu marilah kita simak review dari contoh kasus desain interior karya Diana Pratiwi dari Citra Futa Artistry.

Desain Interior Untuk Suasana Hangat
Desain Interior Ruang Tamu Dengan Konsep Gallery
Desain Interior Ruang Tamu Dengan Konsep Gallery

Seperti yang diketahui bahwa hunian apartemen atau rumah adalah tempat dimana setiap orang melepaskan lelahnya setelah seharian beraktifitas ditengah kesibukan, padatnya jadwal dan kemacetan yang terjadi di mana-mana. Berdasarkan kebutuhan inilah, sebuah unit apartment yang terletak di lokasi strategis Jakarta Barat, dirancang untuk memberikan penghuninya kenyamanan maksimal.
Desainer Interiornya, Diana Pratiwi, mengatakan suasana hangat adalah dasar dari konsep rancangan unit yang dirancangnya tersebut. Penghuni akan disambut dengan atmosfer yang nyaman ketika pulang dari berbagai aktifitasnya. Penerapan konsep ini dimulai dengan adanya entrance hingga keseluruhan ruangan. 

Desain Interior Ruang Keluarga Dengan Material Kaca
Desain Interior Ruang Keluarga Dengan Material Kaca

Pencahayaan Drop Ceiling

Suasana yang nyaman dan hangat terasa ketika memasuki unit apartment 3 kamar ini. Pencahayaan memainkan peranan penting dalam penataan ruang-ruangannya. Pendaran cahaya hangat muncul dari plafon, menerangi ruang sekaligus memberi aksen pada drop ceiling. Pencahayaan tidak langsung ini sangat nyaman di mata.
Di beberapa titik, dipasang lampu sorot untuk mencahayai benda dekorasi yang banyak terdapat pada hunian ini. Karya seni juga punya peranan penting di sini. Bagaikan galeri, ruang-ruang hunian dihiasi dengan berbagai elemen dekorasi. Sebenarnya konsep yang diangkat pada desain interior ini adalah Gallery West dan penerapan dekorasi ini menegaskan konsep gallery yang ingin diusungnya. Pemilihan material interior, pengaturan tata cahaya, serta penempatan elemen dekorasi sangat berperan penting dalam pengaturan ruang. Kombinasi yang harmonis menjadi factor terpenting untuk menciptakan suasana bagaikan gallery.

Desain Interior Dapur Dengan Black Mirror Material
Desain Interior Dapur Dengan Black Mirror Material

Konsep Gallery untuk Interior Desain

Kebanyakan orang akan merasa nyaman, tenamg dan kontemplatif pada saat membayangkan sebuah gallery. Suasana ini sangat mendukung istirahat. Ini menjadi alasan mengapa konsep gallery diangkat dalam sebuah hunian kota. 

Pemilihan skema warna earth tones untuk interior desain apartment ini sangat mendukung konsep ini. Coklat hangat dan warna netral ada di setiap ruang terutama ruang-ruang yang digunakan bersama. Sebagai aksen, warna cerah ditambahkan untuk menghidupakan suasana, misalkan hijau di ruang tamu atau ruang keluarga dan merah di ruang makan. 
Sementara di ruang-ruang pribadi, personalitas setiap penghuni apartment tampak. Unit yang dihuni keluarga beranggotakan 4 orang ini didesain sangat personal dengan memperhatikan kebutuhan masing-masing ruang penghuni. Contohnya di kamar anak perempuan uang beranjak dewasa. Cita-citanya adalah menjadi fashion designe. Ini tercermin dari penataan kamarnya yang expresif . Lain halnya dengan penataan desain interior untuk kamar anak laki-laki yang berusia sekitar sepuluh tahun., yang dibuat lebih ceria dan playful.

Sementara itu untuk desain interior kamar tidur utama yang lebih mengutamakan suasana intim, maka desain. Kamar mandi pribadi didesain hanya berbataskan kaca transparan. Tentu juga dipasang roller blind jika dibutuhkan privasi, untuk menghalangi pandangan antara kamar mandi dengan kamar. 

Kamar mandi utama yang terbuka
Kamar mandi utama yang terbuka


Pemilihan Material 

Pemilihan material apartment sangat diperhatikan pada desain interior apartment ini. Untuk menciptakan atmosfer yang nyaman, perpaduan material sangatlah penting untuk diterapkan. Contohnya material marmer dipilih untuk menciptakan kesan mewah dan luas. Sementara itu pada background TV diterapkan dinding kayu berpola horizontal. Selain itu untuk membuat pantulan cahaya menjadi lebih menarik dan artistik, pemilihan wallpaper yang benar sangat dibutuhkan di sini selain untuk menciptakan kesan hangat. 

KItchen Desain Dengan Konsep Open Kitchen
KItchen Desain Dengan Konsep Open Kitchen

Dengan desain yang tepat, relaksasi seusai melakukan kesibukan dapat dilakukan di rumah sendiri. 


Disadur dari Majalah Idea Edisi 149/XII/Oktober  2015

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)