4 Langkah Penggunaan Cat Dasar Membuat Tampilan Warna Bangunan Lebih Memukau

admin
0

Apakah anda tau, ketika mengaplikasikan cat pada rumah, warnanya tidak akan maksimal jika anda tidak mengaplikasikan cat dasar terlebih dahulu? Yah iitulah yang sering terlupa pada saat membangun atau merenovasi rumah sehiingga tampilan baik exterior ataupun interior tidak sempurnya.
Mengapilkasikan cat pada bangunan sebenarnya bukanlah perkara yang rumit, namun juga bukan perkara yang terlalu sederhana seperti hanya memasukan kuas ke dalam kaleng cat dan menyapukan kuas yang telah tertempel cat pada dinding. Sebenarnya untuk hasil maksimal, ada beberapa  tahapan yang harus dilakukan pada saat memulai proses pengecatan. Berikut adalah tahapannya.
Cat Dasar Membuat Tampilan Warna Bangunan Lebih Memukau
Proses Pengecatan Dinding

Dinding Harus Kering

Anda harus memastikan bahwa dinding yang akan dicat harus kering sempurna. Jangka waktu pengeringan sempurna setelah plesteran adalah kurang lebih 28 hari untuk semen konvensional dan 8 hari untuk semen instan. Jika pengecatan dilakukan sebelum dinding kering, maka akan terjadi cat pada dinding menggelembung atau cat yang akan terlihat rembesan air pada dinding setelah cat tersebut kering.

Pastikan Dinding Dalam Keadaan Bersih

Anda harus memastikan dinding yang akan dicat dalam keadaan bersih dalam artian bebas dari debu dan kotoran yang menempel pada dinding yang akan dicat. Ini dimaksudkan untuk membuat dinding melekat secara sempurna dan tidak membuat cat mengelupas dikemudian hari.

Lapisi Dinding Dengan Cat Dasar

Setelah memastikan dinding anda bersih, adalah suatu kewajiban untuk melapisi dinding anda dengan cat dasar terlebih dahulu sebanyak satu lapis. Jika terdapat retak-retak, anda dapat melapisinya terlebih dahulu dengan dempul. Jika tidak dilakukan pendempulan terlebih dahulu, maka hasil pengecatan tidak akan maksimal karena retak-retak ini akan merusak dan mengurangi estetika hasil akhir pengecatan. Setelah dempul tersebut kering, kemudian diampelas. Setelah itu lakukan kembali pengecatan dengan cat dasar sebanyak satu lapis.
Baca Juga :  3 Tips Dasar Mengolah Tampilan Dinding

Pengecatan Akhir

Setelah cat dasar kering, maka proses selanjutnya adalah melakukan pengecatan akhir. Jangka waktu antara selesainya pengecatan cat dasar dengan pengecatan akhir minimal 4 jam.
Dari keempat langkah tersebut, hanya pekerjaan melapisi dinding dengan cat dasar saja yang memerlukan biaya dan waktu pengerjaan yang relative cukup lama. Sementara tahapan lainnya seperti pengecekan, belum tentu mengeluarkan biaya dan waktunya cukup singkat. Sekalipun waktu biaya yang dikeluarkan untuk cat dasar ini, ini bukanlah suatu pemborosan.
Baca Juga :  4 Tips Memilih Wallpaper Untuk Interior Rumah Menarik
 
Fungsi cat dasar sendiri adalah menutup pori-pori dinding, sehingga ini dapat mengurangi volume pengecatan akhir, karena cat tidak akan masuk ke dalam pori-pori dinding. Artinya anda dapat menghemat pembelian cat dinding untuk rumah secara keseluruhan. Cat dasar ini juga mampu menutup retak rambut sehingga retak rambut tidak akan terlihat dipermukaan.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)