Tips Merancang Desain dapur minimalis yang Multifungsi

admin
0

Apakah anda ingin mendesain dapur minimalis dengan furniture yang multifungsi? Memiliki dapur minimalis dan miltifungsi adalah impian banyak orang. Namun tidak banyak orang yang tau jalan untuk mewujudkannya.
Mungkin anda pernah melihat serial-serial televise baras seperti Cosby Show? Serial komedi yang populer tahun 90-an ini kebanyakan mengambil setting di dapur. Dapur sudah seperti ruang multiguna: tempat berkumpul keluarga, tempat memasak, tempat makan sekaligus tempat ngobrol. 
Nah kenapa kita tidak mengambil ide dari dapur tersebut. Ide dapur multifungsi ini dapat diambil untuk menyiasati ruang yang serba terbatas. Bedanya, jika pada serial itu meraka tetap punya meja makan sendiri, anda dapat menyatukan meja makan dengan kitchen set. Dengan begini anda dapat membuat daput anda menjadi banyak fungsi yaitu sebagai tempat menyiapkan makanan, menghidangkannya, sekaligus menyantapnya. 


Bukan hanya meja makan yang dapat disatukan dengan kitchen set. Tempat cuci dan menyetrika juga bisa disatukan dengan kitchen set. Bahkan anda bisa menaruh perangkat elektronik seperti TV di sana.
Multi fungsi dapur minimalis seperti ini banyak sekali ditemukan di apartment ataupun hunian dengan luas lahan terbatas. Cara ini juga bisa diterapkan pada rumah mungil, yang punya banyak kebutuhan ruang yang banyak, namun tidak punya luas lahan yang memadai. Dengan membuat dapur multifungsi, anda dapat mengurangi satu ruang di dalam rumah. Jika menyatukannya dengan meja makan, berarti anda menghilangkan ruang makan sehingga area tersebut dapat digunakan untuk ruangan lain. Jika disatuan dengan mesin cuci, anda bisa mencoret ruang cuci dari layout rumah anda. 

PIlih Desain Dapur Minimalis yang Permanen atau Tidak?

Desain dapur multifungsi yang paling jamak dilakukan adalah menyatukan kitchen set dengan meja makan. Meja makan ini sitatnya permanen, ada pula yang bisa disembunyikan ketika tidak diperlukan. Cara menyembunyikan pun bermacam-macam, ada yang meggunakan system lipat –meja dilipat ketika tidak diperlikan. Atau dengan system dorong – meja makan di dorong ke dalam kitchen set atau cabinet ketika tidak digunakan, dan bisa ditarik seperti laci. 
Dengan menggunakan meja makan yang tidak permanen, anda akan menghemat tempat, dan jika anda tidak memerlukannya, anda bisa melipatnya.
Sistem mana yang harus anda pili? Hal ini sangat tergantung kebutuhan dan keahlian si pembuat kitchen set. Jangan memaksakan untuk membuat system yang belum pernah dibuat olehnya, karena meja makan akan macet, tidak dapat dibuka ataupun ditutup.

Desain Dapur Minimalis Yang Multifungsi Belum Tentu Murah

Yang harus diketahui, harga dapur multifungsi bisa jadi lebih mahal dari dapur biasa. Apalagi jika meja makan didesain dengan system lipat yang rumit. 
Karena tidak telalu murah, anda harus mempertimbangkan dengan masak-masak apa yang akan anda satukan dengan kitchen set anda. Jangan sampai sebenarnya anda sudah punya ruang cuci namun membuat lagi ruang cuci di dapur. .

Bagaimana Mendesain Dapur Minimalis Yang Multifungsi?

Sebenarnya tidak ada aturan baku untuk mendesain dapur yang minimalis yang multifungsi. Tentu saja anda harus kembali melihat kebutuhan anda ketika membuat desainnya. Jika anda hobi memasak, anda harus membuat kitchen set yang lebih besar ketimbang meja makannya. Sebaliknya, jika anda hobi berkumpul di meja makan, bisa jadi anda tidak perlu membuat kitchen set yang besar, namun membuat meja makan yang lebar. Jika anda punya banyak barang, buatlah meja makan yang memiliki kolong meja sehingga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan.
Yang pasti bagainanapun desainnya, ia nyaman untuk digunakan.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)