Merancang Desain Dapur Minimalis Elegan yang Multifungsi

admin
0

Dapur minimalis yang elegan dan mutifungsi yang baik mencakup area memasak, meracik, hingga mencuci bahan makanan. Pada dapur minimalis elegan dan multifungsi, ada tambahan kebutuhan lagi yaitu makan, mencuci atau bahkan menonton TV. Nah tambahan kebutuhan ini tentu harus dipikirkan areanya, jangan sampai dapur anda malah jadi penuh sesak karena ada tambahan multifungsi.
Sebelum membuat dapur minimalis yang elegan dan multifungsi, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kebutuhan tambahan. Pikirkan, multifungsi apa yang harus ditambahkan di dalam dapur standar anda. Biasanya ada dua tambahan fungsi, yang umum digunakan oleh pemilik rumah yakni dapur sebagai tempat makan, dan dapur sebagai tempat mencuci. Namun tidak menutup kemungkinan ada fungsi tambahan lain.

Ukuran Minimal untuk Dapur Minimalis dan Multifungsi

Setiap orang memiliki standar dapur yang berbeda-beda, tergantung dari kebiasaan dan maupun aktivitas pemilik. Seorang yang tidak gemar memasak tentu berbeda kebutuhanna dengan yang gemar memasak. Ukuran dapur dapur tergantung dari senyaman apa pemilik ketika memasak. Jangan berdasarkan dari yang dia lihat tapi liat dari kebutuhannya. Ukuran dapur minimal bagi yang jarang masak cukup luas 2.5 m2. Namun ukuran ini belum termasuk ukuran kulkas. Akan tetapi, bagi orang yang suka masak maka lahan yang harus dipenuhi minimal, yaitu 3 – 3.5 m2, bahkan lebih, untuk perletakan microwave, oven dan lain-lain. Jika ditambahkan fungsi lain, misalkan meja makan, maka ukuran dapur bisa membengkak.

PIlihan Dapur Minimalis L atau Single

Bagi dapur minimalis multifungsi, apalagi berada di lahan terbatas, model desain yang sangat direkomendasi adalah bentuk L atau I (single line).
Dengan desain dapur minimalis model L merupakan kitchen set dengan dua garis yang salah satunya lebih pendek. Biasanya, areanya lebih panjang dan lebih difungsikan sebagai area meracik dan memasak. Sedangkan yang lebih pendek difungsikan sebagai area makan.
Luasan minimal yang diperlukan yaitu 3 m x 3 m. Dengan luasan segini, anda sudah bisa meracik (dengan panjang minimal 60 cm), bak cuci tanpa area tirisan ( dengan panjang minimal 60 cm), serta memasak dengan kompor 2 hingga 3 tungku (dengan panjang minimal 60 cm).
Apabila anda gemar memasak dan memerlukan ruang lebih untuk meletakkan, maka cukup tambahkan 60 cm setiap perpanjangan.

Pilihan Dapur Minimalis Multifungsi

Dapur Sekaligus Area Makan

Dapur sekaligus area makan bisa menggunakan model L. Satu cabinet digunakan untuk area memasak, cabinet lain untuk area makan dengan perkiraan panjangmeja berkisar 120 cm dengan ketinggian meja 80 cm. Lalu tambahkan stool simple sebagai dudukan.
Jika ingin menghemat lagi, sebaiknya menggunakan system movable table yang dapat didorong dan dilipat. Apabila penambahan meja seperti ini dapat menggunakan bahan apapun sebab fungsinya hanya menopang kayu dengan roda di bawahnya.
Meja itu nantinya tidak hanya dijadikan area makan, namun bisa digunakan untuk keperluan area lain, seperti meletakan bahan makanan. Jadi, ketika sudah tidak diperlukan lagi dapat di dorong dan dilipat kembali sehingga tidak akan memakan ruang. Panjang meja yang dapat didorong adalah 60-120 cm. Saat didorong, meja ini tidak berfungsi sebagai meja. 

Dapur Sekaligus Area Cuci

Jika ingin memasukan mesin cuci di area dapur maka letakkanlah di area sirkulai yang  lebih luas. Apabila diletakkan di area sempi maka kita akan sulit melakukan beberapa aktivias seperti memasukan atau mengeluarkan pakaian dari dalam mesin cuci. Sediakan ruang yang tingginya 85-90 cm dan lebar 65-70 cm untuk mesin cuci. Ruang ini cukup untuk mesin cuci model front loading ( bukaan pintu depan).
Di atasnya dapat diletakan perletakan cuci seperti sabun, detergen, dan lain-lain. Jangan lupa, persis di belakang mesin cuci harus disediakan air bersih serta saluran pembuangan.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)