Ilusi Cermin dan Desain Pencahayaan Untuk Menciptakan Interor Yang Luas

admin
0
Ketika anda membeli rumah atau apartment yang sudah jadi, pasti tidak semua bagian dari apartment atau rumah tersebut anda sukai, entah, karena terlalu sempit atau terlalu gelap dan lain sebagainya. Ketika membeli rumah atau apartment dari developer tentu saja ada bagian-bagian tertentu dari property tersebut yang tidak sesuai dengan keinginan pemiliknya. Luas yang terbatas terkadang membuat orang merasa sumpek. Oleh karenanya kadang ada renovasi-renovasi kecil untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut. Setiap orang pasti menginginkan tempat yang ia tinggali terasa lebih luas. Hal ini sejalan dengan keinginan Fian, salah satu pemilik unit apartment di Centro City Daan Mogot. Ia melakukan konsultasi dengan seorang arsitek dan juga interior designer dari Ayodya Architect untuk menyiasati bagaimana apartment yang ia tempatin menjadi lebih luas.
Baca Juga : Tips Desain Rumah untuk Daerah Tropis Indonesia

Desain Kamar Tidur dengan Cermin dan Lighting untuk kesan lebih luas
Desain Kamar Tidur dengan Cermin dan Lighting untuk kesan lebih luas

Cermin Adalah Strategi Menyiasati Ruang Sempit

Pilihan terbaik untuk menyiasati ruang sempit adalah cermin. Namun untuk kasus kali ini, pemasangan cermin tidak di lakukan di dinding namun pada lemari baja yang merefleksikan ruang tidur dan juga di dekat  ruang duduk yang merefkleksikan kamar mandi. Triknya adalah memilih bidang yang akan dipasangi cermin dan bagian ruangan yang akan direfleksikan. Selain itu ia juga menghindari pemasangan dua cermin yang berhadapan karena akan membuat ruangan tersebut terasa sempit dan membingungkan.
Sang arsitek mengatakan kalau sang pemilik bagaimanapun menginginkan ruangannya tampak luas. Kemudian ada penambahan tempat duduk serta juga lemari. Kemudian juga ada renovasi juga pada kamar mandi untuk mengubah material, lighting dan pintu.

Pada awalnya material interior secara global, adalah keramik, namun sayangnya pemilik apartment tidak menyukainya, sehingga sang arsitek Victor menggantinya dengan Vynil Rubber.  Material ini sangat mirip dengan parket namun perawatannya lebih mudah. Namun untuk material kamar mandi tetap menggunakan keramik namun disesuaikan dengan keseluruhan lantai apartment.
Baca Juga : 4 Tips Menata Rumah Kecil dengan Gaya Minimalis Agar Tampak Lebih Luas
Desain dapur dengan lighting yang baik membuat space lebih luas
Desain dapur dengan lighting yang baik membuat space lebih luas

Lighting Dengan Warna Kuning

Warna kuning dipilih sebagai warna dominan pada pencahayaan. Ini membuat interior apartment tersebut terasa lebih nyaman dan homy. Penerangan utama berasal dari ceiling lamp yang ditanam di langit-langit ruang.
Cahaya tambahan dipasang di beberapa titik, misalkan lampu gantung di ruang duduk dan downlight di sela-sela dinding cabinet.

Furniture

Sang arsitek menciptakan ruang duduk yang difungsikan sebagai meja makan sekaligus meja kerja dekat pantry. Agar tidak membuat ruangan semakin sempit. Agar tidak membuat ruangan makin sempit, meja dan kursi dirancang berbentuk ramping. Materialnya dilapis HPL dan dikombinasikan dengan marmer.
Baca Juga : 4 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Menggunakan Built In Furniture
Built in Furniture Menghemat Space
Built in Furniture Menghemat Space
Selain itu ada hal lain yang menarik dari furniturenya. Sang arsitek mendesain meja yang terdapat hendle untuk akses cabinet  mini untuk meletakan peralatan makan dan sepatu. Selain meja, kursi juga menjadi tempat perletakan sepatu. Kursi juga memiliki pintu geser untuk mengakses cabinet yang cukup untuk menampung sepatu beserta kotaknya.
Built in furniture dengan lebih dari satu fungsi
Built in furniture dengan lebih dari satu fungsi
Dari penjelasan di atas, kita mengetahui bahwa trik untuk membuat ruangan sempit menjadi luas adalah menggunakan cermin. Selain itu untuk menghemat space, sang arsitek membuat built in furniture yang memiliki fungsi lebih dari satu, sehingga ruangan terlihat lebih lapang dan rapi. 
Layout apartment
Layout apartment
Picture : Credit to Tabloid Idea

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)