Tips Memilih Atap Rumah dengan Cerdas

admin
0
Tips Memilih Atap Rumah dengan Cerdas - Banyak orang mengatakan bahwa rumahku adalah istana dan surgaku. Ungkapan ini seakan menggambarkan bahwa rumah harus bisa memenuhi kenyamanan lahir dan batin salah satunya dalah sebagai tempat berteduh dari panas dan hujan. Berkaitan dengan atap, banyak sekali pilihan atap  yang dapat diterapkan pada bangunan rumah yang bisa diterapkan pada berbagai desain rumah. Banyak orang terjebak pada keindahan tanpa mengetahui jenis material atap yang dipilih itu nyaman atau tidak untuk rumah yang dibangun. 


Berikut adalah beberapa tips memilih atap rumah yang tepat agar rumah yang direncanakan tidak hanya indah namun juga nyaman untuk ditempati.

1. Cuaca sangatlah penting untuk diperhatikan dalam pemilihan jenis atap

Faktor yang sangat penting untuk diperhatikan dalam meilih jenis atap untuk rumah adalah suhu dan cuaca. Hal ini selain berpengaruh terhadap kenyamanan penghuni juga mempengaruhi tingkat keawetan atap tersebut. Contoh, jika anda tinggal di daerah Kalimantan yang sangat tropis, sangat tidak disarankan menggunakan atap datar ataupun atap metal seperti seng ataupun genteng metal. Curah hujan yang tinggi akan membuat atap datar yang terbuat dari dak beton akan mudah bocor karena tidak ada kemiringan sama sekali sehingga memungkinkan banyaknya air yang mungkin tergenang di atas atap. Kemudian penggunakan atap metal sangat tidak disarankan, karena sifat metal jika terkena panas maka metal akan mudah ikut panas. Hal ini menyebabkan suhu di dalam ruangan menjadi ikut panas. Berbeda jika atap yang digunakan adalah genteng tanah ataupun kayu sirap. Panas dari luar akan disaring terlebih dahulu, sehingga panas tidak kepanasan, dan di waktu dingin tidak kedinginan.

2.  Pilih Penutup Atap yang Pemasangannya Mudah

Instalasi atap sebaiknya yang mudah dipasang jika anda ingin memasang sendiri atap tersebut. Ada beberapa jenis penutup atap yang sangat sukar untuk dipasang oleh orang yang bukan ahlinya. Alangkah baiknya jika pemasangan atap rumah diserahkan pada ahli yang sudah berkompeten dalam memasang atap yang diinginkan.

3. Pilihlah kualitas atap berdasarkan ketebalannya

Ketebalan atap ternyata dapat menentukan kualitas dari bahan penutup atap rumah. Jika anda memilih salah satu jenis merk atap rumah misalkan genteng metal Mul*iroof, dipasaran anda akan menemukan berbagai jenis tipe KWnya (tiruannya). Bentuknya sama dan tulisannya juga sama, namun ketebalannya berbeda. Semakin tebal material penutup atap, akan semakin baik keawetannya.

4. Carilah Produk yang Bergaransi

Biasanya perusahaan material penutup atap yang resmi berani memberi jaminan misalkan 10 tahun atau 20 tahun. Jika kurang dari jangka waktu tersebut, perusahaan akan menggantinya jika terjadi kerusakan yang bukan diakibatkan oleh bencana (rusak secara alami). Jadi pastikan produk penutup anda berkualitas dengan salah satu cirinya yaitu bergaransi  resmi.
Demikian tips memilih atap rumah yang dengan cerdas, dan untuk mendalami lebih mendalam, ada sebaiknya berkonsultasi dengan seorang arsitek ataupun designer interior agar mereka bisa memberikan saran yang tepat sesuai dengan kebutuhan rumah anda.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)