Desain Interior Ruang Makan Dalam Ilmu Feng Shui

admin
0
By Mas Dian
Perlengkapan utama yang berada di ruang makan antara lain adalah meja makan, cabinet penyimpanan untuk lauk dan peralatan  makanan, yang kadang dilengkapi tempat cuci tangan / sink, kulkas dan perlengkapan pendukung lainnya. Meja makan memang berfungsi sebagai tempat berkumpul untuk bersantap bersama anggota keluarga, tetapi sering digunakan sebagai tempat untuk berdiskusi dalam keluarga. Melakukan komunikasi di meja makan terasa lebih santai dan akrab karena bersifat non formal.

Cermin Di Meja Makan

Ada beberapa ulasan feng shui yang menyarankan pemasangan cermin dekat meja makan supaya makanan yang disajikan tampak ganda dan berlimpah. Pemasangan ini merupakan visualisasi harapan semua orang agar punya rejeki yang berlimpah. Pengaruh psikologis yang masuk dalam pengetahuan fengshui ini bertujuan untuk menanamkan perngharapan baik. Bagi yang percaya tidak ada salahnya menumbuhkan harapan baik tersebut secara terus-menerus dan merealisasikan dengan karya yang benar. Niscaya suatu hari semua itu bisa terwujud.
baca juga : Tata Letak Perabot dalam Intrior Ruang Tamu Menurut Ilmu Fengshui

Hiasan Dekoratif

Untuk menciptakan pengaruh baik dalam ruang makan, tidak ada salahnya meletakan beberapa hiasan dekoratif seperti patung dan lukisan yang memiliki maka filosofis (berdasarkan nilai budaya China atau lainnya) tentang keberuntungan, misalnya:
  • Buah jeruk sebagai lambang keberuntungan
  • Buah persik sebagai lambang kesehatan dan panjang umur
  • Buah delima sebagai lambang keharmonisan keluarga
  • Bunga mekar sebagai lambang kebahagiaan dan kemakmuran
  •  Ikan sebagai lambang rejeki yang melimpah
  • Dan masih banyak lainnya.

Sirkulasi dan Pencahayaan

Ruang makan harus memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik agar bau masakan tidak menyebar ke mana-mana. Apabila cahaya dan sirkulasi kurang/tidak ada, tambahan lampu dan kipas angin/exhause fan agar udara segar dapat mengalir masuk dan hawa pengap terdorong keluar.
Ada sebagian orang suka meninggikan lantai ruang makan dibenarkan dalam fengshui selama ruangannya cukup luas. Akan tetapi cara ini sangat tidak disarankan untuk rumah tipe kecil karena bisa membuat jatuh atau tidak aman buat orang yang duduk di sana.
Lantai ruang makan yang lebih rendah dari ruang sekitarnya dinilai tidak baik menurut fengshui karena sangat sulit dibersihkan dan akan menimbun banyak kotoran yang bisa merugikan kesehatan.
Posisi meja makan jangan bertatapan dengan pintu toilet karena akan merusak hawa kemakmuran dan menurunkan selera makan. Apabila di ruang makan itu memang harus ada pintu toilet, berilah penyekat massif di bagian depan pintunya untuk menghalangi bawa buruk / Sha Qi yang berasal dari ruang toilet.
Meja makan jangan terlihat di ruang  tamu. Apabila ruangnya terbatas dan meja makan harus ditempatkan seperti itu, sebaiknya berikan penyekat untuk menghalangi pandangan.
Bentuk meja makan yang paling baik menurut fengshui adalah bulat, persegi panjang dan kotak (biasanya hanya untuk meja kecil). Bentuk oval, segi enam, dan yang besudut tajam tidak disarankan karena tidak memberi rasa aman dan nyaman bagi penggunaannya.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)