Desain Interior Ruang Keluarga Menurut Ilmu Fengshui

admin
0
Ukuran ruang keluarga biasanya paling besar diantara semua ruangan yang ada di dalam bangunan rumah, karena digunakan sebagai tempat berkumpul anggota keluarga dan penghuni lain (termasuk keluarga jauh dan teman akrab). Walaupun bukan ruang yang paling penting dalam perhitungan fengshui, keberadaannya sangat layak karena menciptakan kenyamanan untuk tata ruangannya. Oleh sebab itu, untuk menciptakan atmosfer yang sehat bagi jasmani dan rohani seluruh keluarga, ruangan ini harus memiliki sirkulasi cahaya dan udara yang benar.  
Desain Interior Ruang Keluarga Menurut Fengshui
Desain Interior Ruang Keluarga Menurut Fengshui

Plafon

Plafon untuk ruang keluarga secara fengshui boleh dibentuk dalam desain yang bebas,modelnya bisa naik turun, dari kotak ke lingkaran, atau model kubah / dome.  Hal ini berbeda dengan ruang tamu (Baca : Desain Interior Ruang Tamu Menurut Ilmu Fengshui )
Plafon sebaiknya dibuat lebih tinggi dari ruangan lain agar lebih anggun, nyaman dan lega. Ruang keluarga dengan plafo yang terlalu rendah dinilai kurang baik munurut fengshui karena menciptakan tekanan berat bagi batin dan jiwa seseorang.
Plafon untuk rumah tinggal sebaiknya di desain sederhana, dan menghindari jenis plafon yang rumit dan beraneka warna, hal ini dimaksudkan untuk menciptakan atmosfer ketenangan. Desain plafon yang beraneka corak dan ramai dengan warna lebih cocok diterapkan dalam bangunan komersial seperti hotel, mall atau sejenis tempat hiburan yang sejenisnya. Anda akan merasa pusing dan terasa berat apa bila anda menerapkannya pada rumah anda yang sempit dan dengan ketinggian plafon yang rendah.

Furniture Ruang Keluarga

Pastikan bahwa sofa atau kursi dalam ruang keluarga yang sering digunakan oleh keluarga memiliki sandaran. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman, nyaman dan rileks dalam ruangan tersebut. Pada umumnya kursi yang tidak memiliki sandaran digunakan saja sebagai pelengkap dekorasi namun hindari menggunakan kursi tersebut sebagai kursi utama.
Desain Interior Ruang Keluarga Menurut Fengshui
Desain Interior Ruang Keluarga Menurut Fengshui

Bentuk Sofa

Ilmu analisa fengshui tidak juga memiliki standar yang menetapkan bentuk sofa atau kursi yang baik digunakan dalam ruang keluarga. Jadi silakan memilih sofa atau kursi sesuai selera anda namun harus disesuaikan dengan kondisi ruang yang ada.  Desain sofa boleh sengah L, lingkaran, sejajar ataupun saling berhadapan. Yang penting bentuknya nyaman digunakan sebagai tempat komunikasi.

Posisi Sofa

Posisi sofa yang harus dihindari dalam ruang keluarga adalah posisi yang langsung membelakangi pintu masuk ruang keluarga. Untuk posisi yang membelakangi langsung sebaiknya diberi dinding atau penyekat yang massif agar memberikan ranya tenang dan aman.

Posisi Lampu

Untuk lampu, sebaiknya mendari meletakan lampu gantung tepat di atas sofa karena dapat memberikan rasa tidak nyaman. Apabila patah atau jatuh, lampu tersebut bisa membahayakan orang yang duduk di bawahnya. Pasangkan lampu gantung diantara dua sofa yang berhadapan atau di atas meja sehingga cahayanya bisa menerangi semua orang yang duduk di sana.
Posisi lampu salah pada desain interior ruang keluarga
Posisi lampu salah pada desain interior ruang Keluarga
Ada juga yang mengatakan bahwa lampu gantung yang terbuat dari bahan Kristal sangatlah baik untuk dipasang dalam ruang keluarga karena dapat memantulkan dan membiaskan pengaruh buruk. Namun sayangnya pemikiran ini sebatas tradisi yang kenyatatannya sulit dibuktikan dengan logika. Baik buruknya tata ruangan dalam fengshui sebenarnya tidak bisa diselesaikan hanya dengan lampu Kristal, tetapi melalui penelitian yang panjang.
Posisi lampu benar pada desain interior ruang keluarga
Posisi lampu benar pada desain interior ruang keluarga

Perletakan Tanaman

Hindari meletakan tanaman berbuah dalam ruangan keluarga karena berdampak tidak baik untuk keharmonisan keluarga. Apa bila membutuhkan tanaman hidup sebagai pelengkap interior anda, gunakan tanaman berdaun yang tidak membutuhkan sinar matahari agar bisa bertahan hidup dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Tanaman yang mudah mati dan mudah rontok sebaiknya tidak digunakan karena memiliki lambang yang jelek.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)