4 Tips Mengoptimalkan Interior Desain Ruangan

admin
0

Interior Desain rumah kecil terkadang membuat orang merasa bingung bagaimana mengatur interiornya. Setiap orang pasti memiliki keinginan agar ruangannya dapat memenuhi keinginannnya. Banyak orang mencoba berbagai cara untuk membuat keinginannya terwujud. Dengan berjalannya waktu tentu saja kebutuhan ruang akan lebih banyak, misalkan dengan adanya anak yang tentunya menuntut adanya kamar tambahan untuk anak tersebut.
ruang keluarga ruang tamu dan pantry yang menyatu
ruang keluarga ruang tamu dan pantry yang menyatu

Untuk mengoptimalkan interior ruangan, anda perlu memodifikasi ruangan tersebut agar mencukupi kebutuhan ruangan di rumah anda. Mengoptimalkan ruangan memang sangat penting tidak hanya bagi yang memiliki ruangan yang terbatas, namun juga untuk rumah yang cukup luaspun perlu dioptimalkan penggunaan ruangannya. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan ruangan tersebut. Berikut adalah berbagai tips yang dapat anda ikuti untuk mengoptimalkan ruangan anda.

Perencanaan

Untuk mengoptimalkan ruangan, perencanaan interior desain adalah hal yang penting. Banyak pertimbangan yang perlu anda lakukan karena modifikasi ruangan melibatkan penambahan furniture dan pengolahan tata letak furniture tersebut. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memastikan kebutuhan ruangan anda yang benar-benar anda butuhkan, misalkan ruang tamu haruskan dipisah dengan ruang keluarga, perlukah adanya foyer di rumah anda. Namun jika rumah anda sudah terbangun dan anda sedang membutuhkan ruangan baru, anda bisa mengalihfungsikan ruangan ruangan yang jarang digunakan.

Menggabungkan Fungsi Ruangan

Menggabungkan fungsi ruangan merupakan seni dari ilmu interior desain untuk mengatasi ruangan yang terbatas. Anda dapat melihat hasil yang maksimal dari penggabungan dua fungsi ruangan seperti ruang tamu dengan ruang keluarga atau ruang keluarga dengan dapur. Ruang tamu dapat dijadikan tempat menerima tamu sekaligus untuk tempat berkumpulnya keluarga.Namun yang harus anda pahami adalah memperhitungkan tatanan ruang yang anda gabungkan tersebut. Selain itu hindari menggunakan furniture yang tidak diperlukan. 
Ruang tamu dan ruang keluarga yang menyatu dan terpisah partisi
Ruang tamu dan ruang keluarga yang menyatu dan terpisah partisi
 

Hindari penggunaan Sekat Permanen

Sekat permanen adalah sesuatu yang harus dihindari karena membuat ruangan terasa sempit dadn tidak leluasa dalam melakukan aktivitas. Jika sekat dibutuhkan untuk membagi area ruangan, gunakanlah perabot yang tersedia di rumah seperti rak, meja atau lemari. Pembatas ruangan yang dibuat dari perabot akan terkesan lebih alami. Selain itu tirai juga dapat digunakan untuk penyekat ruangan. 
Ruang tamu dan ruang keluarga yang menyatu dan terpisah partisi
Ruang tamu dan ruang keluarga yang menyatu dan terpisah partisi
 

Gunakan Furniture Secukupnya

Gunakanlah furniture yang benar-benar dibutuhkan untuk mengoptimalkan ruangan tersebut. Lebih baik lagi jika anda menggunakan furniture multifungsi. Ada berbagai macam fungsi dari furniture multifungsi. Salah satunya adalah untuk menghemat space. Contohnya kasur yang terdapat tempat untuk menyimpan barang di bawah kasur tersebut. Contoh lain adalah coffee table yang bisa berubah menjadi meja makan.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)