5 Kesalahan-Kesalahan Yang Sering Terjadi Pada Desain Dapur

admin
0
Dapur memang harus dirancang dengan benar dan teliti setiap detailnya karena di dapur terdapat aktivitas yang begitu kompleks yang menyangkut kebersihan. Memang seharusnya tampilan dapur harus didesain dengan baik karena ini akan menjadi nilai lebih baik bagi nilai jual property ataupun gensi bagi para tamu yang datang. Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada desain dan dekorasi dapur.  

Desain Dapur Minimalis Yang Terlihat Luas

Pencahayaan yang Kurang

Pencahayaan adalah hal yang sangat penting di setiap ruangan. Kesalahan fatal yang terjadi di dapur adalah pencahayaan pada dapur tidak dirancang dengan baik, sehingga ini mengakibatkan suasana di dapur menjadi redup, sehingga keindahan dapur kurang terlihat. Dapur sebaiknya dirancang dengan memungkinkan pencahayaan alami bisa masuk dengan mudah ke dalam dapur sehingga pencahayaan buatan tidak diperlukan lagi pada siang hari. 
Dapur Minimalis Dengan Pencahayaan Yang Baik
Dapur Minimalis Dengan Pencahayaan Yang Baik

Tidak Memasang Backsplash

Mungkin anda bingung apa itu backsplash. Backsplash biasanya terbuat dari keramik di belakang countertop. Fungsinya adalah agar dinding akibat percikan dari masakan atau dari keran air yang terpercik hingga ke dinding dapat mudah dibersikan. Ini juga biasanya dijadikan elemen hias. Sebaiknya backsplash didesain dengan material yang dapat dengan mudah dibersihkan dan tahan terhadap air. Jika backsplash tidak dipasang, maka dinding akan gampang terciprat oleh masakan atau air sehingga akan tampil kotor dan sulit dibersihkan dindingnya. 

Dapur modern minimalis dengan Backsplash Merah
Dapur modern minimalis dengan Backsplash Merah


“Kitchen Triangle” terhalang oleh Backsplash

Mungkin frase “kitchen triangle” masih asing untuk anda. Kitchen triangle yaitu letak strategis antara kitchen sink, kompor dan kulkas. Ketiga peralatan dapur tersebut paling sering digunakan dan berhubungan satu sama lain. Kesalahan perancang pada umumnya adalah meletakan perabot atau peralatan dapur lain yang menghambar alur aktivitas ketiga tempat tersebut, sehingga aktivitas di dapur kurang nyaman.

Jenis-Jenis Kitchen Triangle Yang Baik
Jenis-Jenis Kitchen Triangle Yang Baik

Ventilasi Udara Yang Buruk

Ventilasi yang baik di dapur adalah suatu keharusan. Karena aktivitas di dapur itu kompleks dan berkaitan dengan memasak, maka perputaran udara harus selalu baik, jika tidak maka dapur akan bau. Ventilasi yang baik membuat sirkulasi udara di dapur menjadi lancar dan masalah mengenai bau akan terhindarkan. Namun jika anda berada di perumahan yang padat atau apartmen yang tidak memungkinkan anda untuk memiliki ventilasi yang baik, anda sebaiknya memiliki penyedot udara / exhouse fan agar udara anda lebih bersih.

Meletakan Perabot Yang Tidak Perlu

Terkadang ada saja perabotan atau peralatan yang tidak seharusnya diletakan di dapur namun diletakan di dapur. Ini akan membuat dapur akan terasa sempit dan kumuh. Jika anda mempunyai gudang, maka letakanlah barang-barang yang sekiranya tidak diperlukan di dapur di gudang tersebut. Ini akan membuat ruangdapur akan terasa lebih luas dan bersih.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)