3 Tips Dasar Mengolah Tampilan Dinding

admin
0

Mungkin banyak yang bertanya, gimana sih mengolah dinding agar tampilannya bagus? Dan sebagian yang lain berkata, sulit banget mengolah dinding agar tampilannya menarik. Tentu tidak ada yang sulit jika kita mengetahui trik mengolahnya. Tampilan dinding yang menarik tidak selalu memiliki keterampilan khusus ataupun teknik pengerjaan yang sulit.
Ada banyak cara sederhana untuk mewujudkan hasil yang luar biasa. Sering kali ide-ide kecil yang diwujudkan dengan baik justru dapat menghasilkan tampilan yang tidak terduga, misalkan mengubah warna cat di bagian-bagian tertentu pada dinding, mengatur titik lampu, menambahkan wall art maupun ornament kecil atau mungkin sekedar menambahkan pot tanaman. Bahkan ada kalanya tidak perlu memberi sentuhan apapun, karena keindahan material pembentuk ataupun pelapis dinding itu sendiri dapat ditampilkan sebagai daya tarik tersendiri jika pandai-pandai memilih dan menempilkan karakter suatu material.
Jika anda bingung untuk memulainya, maka anda bisa mengikuti tips berikut. Langkah awal yang baik tentu saja berupa perencanaan yang baik pula. Agar tidak banyak waktudan biaya yang terbuang, tidak ada salahnya disisihkan waktu untuk membuat perencanaan terlebih dahulu. Karena itu ikuti tips singkat merencanakan tampilan dinding menarik sebagai berikut.

Pilih sisi dinding yang akan dijadikan fokus

Agar tampilan dinding dapat dinikmati, anda tidak perlu mengubah semua bidang dinding, yang ada di rumah. Jika semua bagian dinding dijadikan fokus, terntu tidak ada lagi bagian yang menonjol. Salah-salah ruang anda terlihat terlalu ramai dan tampilan justru sulit dinikmati. Seperti halnya meja makan disajikan terlalu banyak aneka olehan daging yang harus anda makan pada waktu yang bersamaan, tentu sulit menikmatinya. Karena itu, putuskan saja dinding mana yang anda akan jadikan fokus, bagian itulah yang nantinya akan diolah supaya terlihat menonjol, sementara bagian lain cukup diolah seperlunya saja.

Tetapkan suasana dinding yang diinginkan

Tampilan dinding sangat erat kaitannya dengan suasana ruang. Mengubah tampilan dinding berarti mengubah suasana ruang. Bisa jadi anda ingin memberikan suasana berbeda pada ruang anggota keluarga agar anggota keluarga betah berkumpul di sana. Untuk itu, anda bisa menetapkan suasana hangat yang akan dimunculkan. Atau mungkin justru ruang tidurlah yang ingin anda olah agar saat-saat rileks bisa lebih menyenangkan.

Untuk ruang tidur dapat dipilih suasana santai atau romantic.

Pilih elemen desain yang digunakan

Keputusan suasana ruang yang akan dimunculkan dapat mempengaruhi pemilihan elemen desain yang akan digunakan. Ada banyak pilihan elemen desain yang bisa dimainkan, antara lain memadukan warna, mengolah bidang, memadukan tekstur dan material, memainkan intensitas cahaya, mengatur skala, serta menambahkan vegetasi, air, maupun ornament. Semua elemen tersebut bisa dimainkan untuk menghadirkan suasana ruang yang diinginkan. Anggaplah anda ingin memunculkan suasana ruang yang hangat. Pilihan material kayu atau warna cat yang tergolong warna hangat seperti warna kuning atau orange bisa digunakan. Namun jika ingin menampilkan suasana ruang romantic, anda perlu menghadirkan cahaya temaram dan menambahkan lukisan dinding yang bertema romantic. Sementara jika anda ingin menghasilkan suasana ruang yang natural dan alami, paduan vegetasi atau air dan menjadikan ruangan terasa menyatu dengan alam.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)