6 Masalah Kitchen Set Modern Dan Solusinya

admin
3

Pelapis Terkelupas

Jika anda menemukan pelapis HPL yang terkelupas pada kitchen set anda, maka anda tidak perlu khawatir. Selalu ada jalan untuk memperbaikinya. HPL yang terkelupas tidak dapat diganti sehingga harus dilapis ulang kembali. Akan tetapi, tampilan akan lebih tebal dari lapisan lainnya. Dan mengalami perbedaan warna. Kecuali HPL sebelum mencapai 3 tahun maka memungkinkan warnanya masih sama.  
kitchen set modern

Kitchen Set Melengkung

Apakah anda pernah melihat kitchen set yang melengkung akibat suhu yang terlalu panas yang terus menerus. Apakah anda tahu bahan yang cukup baik dan murah untuk diterapkan pada kitchen set?
Sebenarnya bahan kitchen set yang bagus dan cukup ekonomis adalah kayu solid yang telah dioven. Namun kendala biaya menyebabkan banyak yang beralih dari kayu olahan, antara lain plywood dan blockboard. Keduanya sepintas tampak sama, tapi kekuatannya sedikit berbeda. Plywood terbuat dari lapisan-lapisan kayu yang diberi perekat dan dipress dengan mesin. Block board terbuat dari potongan-potongan kayu berbentuk balok yang juga dipress. Untuk kekuatan,plywood lebih unggul dibanding dengan blockboard.

Ambalan Jebol

Kalau anda memiliki masalah dengan ambalan yang jebol, tetap masih ada cara memperbaikinya. Apabila jebol karena patah sebaiknya diganti dengan yang baru dan dengan jenis kayu yang sama. Disarankan menggantinyadengan bahan plywood  dan multipleks yang memiliki ketahanan beban yang baik. Tidak disarankan untuk menggunakan PB (particle Board) dan MDF ( medium density fiberboard) karena kurang kuat menahan beban.

Kitchen Sink Tersumbat

Ini adalah masalah yang paling sering dialami di dapur. Sink yang tersumbat biasanya terjadi karena kotoran yang tidak terurai. Cara alami yang bisa dilakukan, yaitu dengan mencampurkan baking soda dan air hangat. Nantinya kotoran akan melunak.

Kitchen Countertop bahan Solid Surface Tergores dan Terkena Noda

Solid surface memang harus dihindarkan dari beberapa hal seperti benda yang terlalu panas (jangan bersentuhan dengan panas secara langsung). Jangan juga sampai terkena benda tajam secara langsung karena bisa menyebabkan solid surface tergores. Jika ada cairan agak tajam (misalkan bahan kimia) sebaiknya langsung dibersihkan karena cairan tersebut dapat menyebabkan bercak atau noda yang sulit hilang. Jika sudah terlanjur tergores, satu-satunya cara adalah meng-compound –nya kembali dengan sejenis compound mobil, lalu dipoles kembali. Jika lukanya dalam maka harus diampelas dulu, di-compound, baru dipoles lagi.

Kitchen Set Berjamur

Supaya tidak lembab dan berjamur, pastikan sisi dalam cabinet bawah memiliki dua lubang udara (ventilasi) yang cukup. Kemudian jika ada cairan yang tumpah harus langsung dilapsupaya tidak jadi salah satu penyebab lembap. Pastikan juga kayu yang dipakau cukup kering (setelah do-oven) dan pastikan semua ter-finishing dengan baik.
Selain itu, pastikan pula pemasangan seitem pemipaannya benar supaya tidak ada kebocoran yang akan menyebabkan lembab. Pastikan juga sealant sisi sink rapat sehingga tidak ada rembesan air yang bisa masuk lewat sisi tersebut.

Post a Comment

3Comments

  1. saya sering mengalami penyumbatan dan penjamuran,,, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...itu emang penyakit yang sering terjadi di dapur...

      Delete
    2. mungkin karena saya orang yang kurang jeli membersihkan bagian2 tersebut :D

      Delete
Post a Comment